Grand Design Pendidikan – Teknik Industri UYP
Struktur OBE yang mengintegrasikan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), dan Karakteristik Pembelajaran sesuai standar.
🎓 Profil Lulusan
PL-1 • Professional Sustainable Productivity
Insinyur/Analis Sistem Produktivitas
- Perancangan & peningkatan sistem terintegrasi berbasis data.
- Penerapan lean-green, mutu, ergonomi & K3L.
- Efisiensi energi & reduksi emisi.
PL-2 • Sustainable Productivity Entrepreneurship
Technopreneur/Innovator UMKM
- Model bisnis sirkular & rantai pasok berkelanjutan.
- Otomasi ringan, analitik data, ekonomi teknik.
- Kepemimpinan & etika bisnis, mitigasi risiko, dampak sosial.
PL-3 • Multicultural Engagement
Kolaborator & Fasilitator Multikultural
- Komunikasi lintas budaya & disiplin.
- Ko-kreasi solusi dengan industri & masyarakat.
- Integritas, kepatuhan hukum, lifelong learning.
📊 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Kode CPL | Deskripsi CPL | SN-DIKTI |
---|---|---|
CPL-1 | Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknikindustrian. | KU(a), KU(c) |
CPL-2 | Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan), serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri . | KU(a), KU(c), KU(e) |
CPL-3 | Kemampuan untuk merancang dan melakukan ekperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan keteknikindustrian. | KU(c), KU(e), KU(i) |
CPL-4 | Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang teknik industri. | KU(c) |
CPL-5 | Kemampuan untuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknikindustrian. | KU(a) |
CPL-6 | Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif. | KU(d), KU(f), KU(g), KU(i) |
CPL-7 | Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan dan engevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberika. | S(g), S(i), S(j), KU(b) |
CPL-8 | Kemampuan untuk bekerja dalam tim multidispilin dan multibudaya. | S(f), KU(f), KU(g), KU(h) |
CPL-9 | Kemampuan untuk bertanggungjawab kepada masyarakat, akuntabel dan menjalankan etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikindustrian . | S(a), S(b), S(c), S(d), S(f), S(g), S(h), S(i), KU(g) |
CPL-10 | Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkin. | S(j), KU(h)KU |
🧭 Karakteristik Pembelajaran
No | Karakteristik | Deskripsi Singkat | Contoh Implementasi |
---|---|---|---|
1 | Interaktif | Dosen dan mahasiswa aktif berdiskusi, saling bertanya dan memberi umpan balik | Diskusi kelas, konsultasi bimbingan, sharing session |
2 | Holistik | Mengembangkan ilmu, keterampilan, etika, kompetensi, kepedulian lingkungan, religius pluralistik | Praktikum, sertifikat kompetensi, KKN, kegiatan lintas agama |
3 | Integratif | Merangkai Keilmuan secara Interdisipliner | Capstone, KKN, PKN, Skripsi |
4 | Saintifik | Pembelajaran berbasis riset dan pemecahan masalah nyata | Skripsi, capstone, PKN, KKN, CBL/PBL/PjBL |
5 | Kontekstual | Pembelajaran dikaitkan dengan realitas lokal/nasional/global; proyek nyata relevan dengan industri, masyarakat, lingkungan | Studi ekskursi, kunjungan industri/UMKM, KKN, magang, skripsi |
6 | Tematik | Fokus pada tema strategis yang relevan | Tema penelitian & pengabdian sesuai astacita, nawacita, SDGs, RIRN |
7 | Efektif | Terukur sesuai CPL agar menghasilkan lulusan unggul | Magang, UTS, UAS, uji kompetensi, capstone, skripsi, PKN, blended learning, LMS |
8 | Kolaboratif | Mahasiswa belajar secara tim, kolaborasi dengan dosen, praktisi, industri | Praktisi Mengajar, magang industri/UMKM |
9 | Berpusat pada Mahasiswa | Mahasiswa aktif merancang, mengelola, dan mengevaluasi proses belajarnya | Program MBKM, capstone, pelatihan softskill |